Home Peristiwa Angkut Penumpang, Bus Terbakar Saat Dalam Perjalanan di Kilometer 10

Angkut Penumpang, Bus Terbakar Saat Dalam Perjalanan di Kilometer 10

SHARE
Angkut Penumpang, Bus Terbakar Saat Dalam Perjalanan di Kilometer 10

lintaskaltim.com, BALIKPAPAN - Penumpang bus antar kota tujuan Balikpapan-Samarinda mendadak panik. Pasalnya percikan api muncul dari bagian bawah mesin bus dan menimbulkan asap tebal saat perjalanan menuju Samarinda pada Jumat (29/4) sekira pukul 14.00 wita.

Kejadian tersebut bermula saat bus melintas dari Balikpapan menuju Samarinda melalui Jalan Soekarno Hatta. Setibanya di Kilometer 10 Balikpapan Utara, bus tiba-tiba mengeluarkan asap dan tercium bau seperti kabel terbakar. 

"Saya lihatnya bus itu ada asap tebal keluar dan ada percikan api di bagian bawah mesinnya," tutur Ari, warga Kilometer 10.

Para penumpang pun panik mengetahui bus yang ditumpanginya terbakar. Setelah berhasil menepi, puluhan penumpang pun berlarian ke luar menyelamatkan diri.

Kejadian tersebut dibenarkan Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Sonny Irawan. Informasi yang dihimpun sementara ini oleh jajarannya yang berada di lokasi kejadian, diduga bus mengalami korsleting pada mesin, sehingga menimbulkan percikan api.

"Iya benar, ada kejadian itu di Kilometer 10. Informasi yang saya dapat itu ada percikan api dari bawah mesin, diduga korsleting. Saat ini anggota masih di TKP, saya belum dapat data detailnya," katanya ditemui di Pelabuhan Semayang, Balikpapan saat meninjau situasi pemudik bersama Kapolda Kaltim.

Sonny mengimbau kepada para pengendara, baik sopir bus maupun kendaraan pribadi agar senantiasa melakukan pemeriksaan rutin terhadap kondisi kendaraan. Hal ini sangat penting terutama bagi para pemudik yang melakukan perjalanan jauh.

"Diimbau selalu berhati-hati saat berkendara, dan selalu mengecek kondisi kendaraannya. Sebab demi keselamatan berkendara untuk pengemudi maupun penumpangnya," imbaunya.