Home Balikpapan Banyak Diburu Warga, Vaksin Sinopharm di Balikpapan Kosong

Banyak Diburu Warga, Vaksin Sinopharm di Balikpapan Kosong

SHARE
Banyak Diburu Warga, Vaksin Sinopharm di Balikpapan Kosong

lintaskaltim.com, BALIKPAPAN — Antusiasnya masyarakat di Balikpapan untuk mendapatkan vaksin semakin tinggi. Sehingga stok vaksin terus berkurang drastis. Bahkan stok vaksin jenis sinopharm di Kota Balikpapan sedang kosong. 


Kepala DKK Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, kebanyakan masyarakat mencari vaksin untuk dosis ketiga atau booster. Saat ini Dinkes masih menunggu kiriman vaksin dari Kementerian Kesehatan. 

"Untuk saat ini permintaan vaksinasi booster lebih mendominasi. Terutama untuk pekerja pelayan publik yang sudah mencapai 39 persen," katanya. 

Meningkatnya peminat vaksin booster tersebut pasca kebijakan pemerintah terhadap pelonggaran persyaratan pelaku perjalanan, dan panduan protokol kesehatan Ramadan dan Idul Fitri 1443 Hijriah. Yakni untuk mudik diperbolehkan tanpa melakukan tes Covid-19 baik PCR maupun antigen. Tentu dengan syarat wajib booster. Sedangkan bagi masyarakat yang baru menjalani vaksin pertama wajib tes PCR dan antigen bagi masyarakat yang baru menjalani vaksinasi dosis kedua.

"Terjadi lonjakan hingga 100 persen. Permintaan dosis tiga itu sampai dua ribu peserta bahkan lebih," tuturnya. 

Penerapan syarat wajib booster bagi pelaku perjalanan didukung penuh oleh Dinkes. Pasalnya selama mudik, booster dirasa mampu melindungi kesehatan masyarakat. 

"Apalagi bersilaturahmi orang banyak di kampung halaman. Dan lebih mudah lagi saat kembali tidak perlu repot mencari tempat untuk PCR maupun antigen. Cukup menunjukan setifikat booster atau vaksin tiga," pungkasnya.