Home Kriminal Baru Bebas, Pria ini Bobol Tiga Rumah Lagi di Kukar

Baru Bebas, Pria ini Bobol Tiga Rumah Lagi di Kukar

SHARE
Baru Bebas, Pria ini Bobol Tiga Rumah Lagi di Kukar

lintaskaltim.com, KUKAR - Sungguh nekat pria berinisial BI (46) ini. Ia kembali harus mendekam di balik jeruji besi lantaran membobol tiga rumah di Kutai Kartanegara. Padahal BI baru saja menghirup udara segar tiga bulan lalu.

Kejadian pertama pada 16 Maret di Desa Manunggal Jaya dan 26 Maret di Jalan AP Mangkunegara, Desa Teluk Dalam. Disitu BI beraksi pada dinihari disaat penghuni rumah terlelap tidur. Dari kedua rumah tersebut pelaku berhasil menggasak sejumlah barang berharga, seperti handphone berbagai merk, laptop, dan uang.

"Barang bukti berhasil kita amankan yakni satu unit motor yang digunakan pelaku, lalu 6 unit handphone, dan 2 obeng milik pelaku. Sedangkan beberapa barang lain masih dalam pencarian karena dijual pelaku secara online," kata Kasat Reskrim Polres Kukar, AKP Gandha Syah Hidayat.

Kasus ini terungkap berkat adanya rekaman CCTV di salah satu rumah warga. Dari rekaman tersebut, diketahui ciri-ciri pelaku yang dikenal dengan nama BI. Polisi sudah tak asing dengan BI lantaran keluar masuk penjara. 

"Pelaku ini keluar masuk penjara kasus yang sama. Tahun 2015 lalu pelaku juga pernah mencuri salah satu perumahan di Tenggarong dengan cara mencongkel jendela," ungkapnya.

Berbekal rekaman CCTV, Tim Alligator Polres Kukar dan Unit Reskrim Polsek Tenggarong Seberang untuk menangkap pelaku yang saat itu berada di Samarinda. 

"Pelaku sudah berhasil kami amankan di rumahnya. Saat itu sedang duduk dan saat ditangkap tidak melakukan perlawanan," tuturnya.

Dari hasil interogasi pelaku, rupanya ia juga telah beraksi di satu rumah lainnya di kawasan Perumahan Mangkurawang, Jalan Gunung Pegat, dan Gang Bakut. Namun korban tidak melaporkan kejadian ini ke polisi.

"Kami berhasil mengamankan penadahnya berinisial SI yang ada di Samarinda. Penadah kita jadikan saksi, karena kooperatif membantu menangkap pelakunya," tuturnya.

Akibat perbuatannya, BI pun kembali mendekam dibalik jeruji besi dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman pidana kurungan diatas 5 tahun penjara.