Home Kukar Begini Penjelasan KSOP Soal Insiden Kapal Tongkang Nyangkut di Jembatan Kukar

Begini Penjelasan KSOP Soal Insiden Kapal Tongkang Nyangkut di Jembatan Kukar

SHARE
Begini Penjelasan KSOP Soal Insiden Kapal Tongkang Nyangkut di Jembatan Kukar

lintaskaltim.com, KUKAR - Tongkang Muatan 1.600 MT muatan kontruksi konveyor yang ditarik Kapal TB Valdo-III tersangkut di badan Jembatan Martadipura, Kutai Kartanegara pada Jumat (8/4) sekira pukul 10.00 wita. Hingga pukul 15.00 wita, kapal tujuan Bayan Resource, Kutai Barat ini tengah dievakuasi petugas.

Kasi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan KSOP Klas II A Samarinda, Capt Slamet Isyadi membenarkan kejadian tersebut. Tongkang bernomor lambung BG.S.P.A 3001 tak bisa lolos melintas di bawah jembatan lantaran ujung muatan tersangkut.

"Jadi dia nyangkut muatannya dengan badan jembatan. Kapal ini tujuannya ke Bayan, pas melintas itu tersangkut," kata Slamet.

Pasca tersangkut, nahkoda kapal langsung berupaya membuka main hole dan mengisi air balast untuk mengurangi beban muatan kapal. Sehingga kapal bisa segera melintas dan dievakuasi untuk kemudian dilakukan pemeriksaan.

"Jadi upaya yang dilakukan oleh pihak nahkoda yaitu membuka main hole dan mengisi air balast pada sisi haluan. Lalu rencana mau dilakukan pemotongan bagian muatan yang tersangkut pada bagian muatan. Sekarang lagi dilakukan pengisian air balast supaya berat kapal bisa turun," ungkapnya.

Belum diketahui apakah kondisi jembatan rusak dan tidak bisa dilewati, saat ini Slamet tengah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kutai Kartanegara (Kukar) dan Dinas PUPR Kukar.

"Jadi terkait jembatan ini kita akan menunda sementara kegiatan pelayaran kapal tersebut, sampai nanti ada hasil pemeriksaan dari instansi terkait. Yang jelas kita yang penting lepas dulu dia dari jembatan," tandasnya.