Home Balikpapan Cegah Kebakaran, Damkar Keliling di Sudut Kota Berikan Imbauan

Cegah Kebakaran, Damkar Keliling di Sudut Kota Berikan Imbauan

SHARE
Cegah Kebakaran, Damkar Keliling di Sudut Kota Berikan Imbauan

lintaskaltim.com, BALIKPAPAN - Bulan ramadan memang cukup rawan terjadinya peristiwa kebakaran. Sebab banyaknya aktivitas memasak membuat potensi kebakaran itu cukup besar. Tak ayal, di Balikpapan juga beberapa kali terjadi musibah kebakaran saat ramadan tiba.

Tak ingin kejadian itu terulang, petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kota Balikpapan memanfaatkan momen jelang memasuki ramadan untuk melakukan imbauan kepada warga. Yakni dengan cara berkeliling dari jalan raya hingga masuk ke kampung-kampung menggunakan mobil damkar. Dilengkapi speaker dan sirine, para petugas damkar ini mengingatkan warga agar selalu mengecek kondisi rumahnya.

"Iya, ini imbauan dari petugas BPBD dalam rangka antisipasi kebakaran dan bencana lainnya saat bulan ramadan maupun idul fitri nanti," kata Usman Ali, Kabid Kedaruratan dan Kebencanaan, BPBD Kota Balikpapan.

Diketahui dari tahun sebelumnya peristiwa kebakaran terus meneror warga Balikpapan. Bahkan pada saat idul fitri kebakaran hebat pernah terjadi di kawasan KM 2 Balikpapan Utara. Salah satu toko yang menjual bensin eceran hangus dilalap si jago merah beserta rumah lain yang ada disekitarnya. Peristiwa itu terjadi usai warga melaksanakan salat ied.

Meski begitu, petugas damkar tetap meningkatkan kesiapsiagaannya selama 24 jam. Para personel sudah diminta selalu sigap dalam merespon laporan warga. 

"Kalau ada informasi kejadian atau musibah kebakaran segera hubungi kami." ungkapnya.