Home Balikpapan Diprediksi Melonjak, DLU Balikpapan Siapkan Armada Tambahan Untuk Pemudik

Diprediksi Melonjak, DLU Balikpapan Siapkan Armada Tambahan Untuk Pemudik

SHARE
Diprediksi Melonjak, DLU Balikpapan Siapkan Armada Tambahan Untuk Pemudik

lintaskaltim.com, BALIKPAPAN - Pemudik di tahun 2022 ini diprediksi akan meningkat dari tahun sebelumnya. Tanpa terkecuali di Balikpapan, jumlah penumpang kapal pun diprediksi akan mengalami kenaikan pada H-10 lebaran.

Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, PT Dharma Lautan Utama (DLU) cabang Kota Balikpapan telah melakukan rapat kerja untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kapal ferry ini. 

"Iya, kami sudah melakukan rapat kerja sebelumnya untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. Tidak hanya pemudik saja, tapi logistik juga kami antisipasi. Karena biasanya angkutan logistik juga meningkat sebelum lebaran," kata Pimpinan Cabang DLU Balikpapan, Saleh ditemui di Kapal Dharma Ferry VII, Pelabuhan Semayang pada Jumat (8/4).

DLU pun menambah armada dan jumlah kunjungan dari Balikpapan-Surabaya dan Balikpapan-Pare-Pare. Dua rute ini yang paling banyak penumpangnya. 

"Kita tambah kunjungannya, biasanya hanya dua kali dalam satu minggu, ini ditambah menjadi tiga kali dalam satu minggu," ungkap Saleh.

Selain itu, Saleh juga memprediksi jumlah penumpang akan meningkat sekitar 30 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini dampak dari kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait pelonggaran mudik lebaran.

"Tahun ini memang lebih baik dari tahun sebelumnya. Ini menjadi angin segar bagi usaha jasa transportasi laut. Kami prediksi untuk penumpang naik 30 persen dan angkutannya naik 20 persen," pungkasnya.

Untuk diketahui, Kapal Dharma Ferry VII sendiri memiliki kapasitas 1.200 penumpang dan mampu mengangkut sekitar 60 truk, 280 kendaraan pribadi.