Home Balikpapan Dirujuk Berobat Keluar Kota, Seluruh Biaya Pengobatan Tetap Dijamin BPJS Kesehatan

Dirujuk Berobat Keluar Kota, Seluruh Biaya Pengobatan Tetap Dijamin BPJS Kesehatan

SHARE
Dirujuk Berobat Keluar Kota, Seluruh Biaya Pengobatan Tetap Dijamin BPJS Kesehatan

lintaskaltim.com, BALIKPAPAN- Pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan tentunya dapat dirasakan diseluruh wilayah negara kesatuan Republik Indonesia. Hal tersebut dirasakan langsung oleh Muhamad Sapry Adilan.

Peserta JKN-KIS yang tinggal di Kota Balikpapan ini merasakan manfaat tersebut saat mengeluhkan sakit di matanya. Pada saat itu, dirinya merasakan perih dan memerah di matanya. Akhirnya, dengan apa yang ia rasakan, dirinya memutuskan untuk segera berobat ke Puskesmas dengan menggunakan kartu JKN-KIS yang dimilikinya.

"Pada saat itu, saya langsung ke Puskesmas untuk memeriksa kondisi mata saya yang selalu merasa perih dan merah. Akhirnya dokter mendiagnosa untuk dilakukan perawatan lanjut di rumah sakit. Diinformasikan oleh dokter di rumah sakit, mata saya terdapat masalah pada bagian kornea. Karena di Kota Balikpapan belum fasilitas untuk mengobati penyakit di mata saya, akhirnya saya dirujuk kembali ke rumah sakit yang ada di Kota Makassar," kata Sapry.

Dengan rujukan yang diberikan, akhirnya membuat dirinya dengan diantar sang ibu untuk menjalani pengobatan di Kota Makassar. Setelah menjalani beberapa proses pengobatan, akhirnya Sapry  menjalani tindakan operasi pada matanya.
Dirinya juga menambahkan seluruh biaya pengobatan untuk operasi dan pelayanan lainnya semua dijamin BPJS Kesehatan. Tidak ada biaya yang dirinya keluarkan lagi untuk mengobati penyakitnya tersebut. Apalagi biaya kontrol pasca operasi juga tidak ia keluarkan.

"Menurut saya dengan adanya BPJS Kesehatan ini, saya sangat terbantu sekali. Semua biaya operasi, obat, pemeriksaan lab dijamin semua. Saya tidak mengeluarkan biaya sedikitpun. Ada orang yang bilang BPJS Kesehatan ini ribet, tapi kalo menurut saya engga tuh. Saya bisa berobat sampe keluar kotapun dijamin biayanya" lanjutnya.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam berjalannya Program JKN-KIS. Ia mengungkapkan banyak sekali manfaatnya, iurannya juga terjangkau, apalagi jika dibandingkan dengan asuransi kesehatan swasta lainnya yang iurannya lebih mahal dibanding dengan BPJS Kesehatan.
Diakhir, dirinya berharap, Program JKN-KIS dapat terus memberikan manfaat kepada masyarakat serta BPJS Kesehatan dapat semakin maju dan tetap melayani sepenuh hati.