Home Balikpapan Kinderjoy Mengandung Bakteri Salmonella, Loka POM Balikpapan Pantau Minimarket

Kinderjoy Mengandung Bakteri Salmonella, Loka POM Balikpapan Pantau Minimarket

SHARE
Kinderjoy Mengandung Bakteri Salmonella, Loka POM Balikpapan Pantau Minimarket

lintaskaltim.com, BALIKPAPAN - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI mengeluarkan anjuran terkait porduk kinderjoy yang mengandung cemaran bakteri Salmonella. Seluruh daerah pun menindaklanjutinya dengan menarik seluruh produk kinderjoy dari minimarket untuk tidak menjualnya. 

Termasuk di Balikpapan, Loka POM terjun ke lapangan melakukan pengawasan di sejumlah minimarket maupun outlet yang ada. Pelaku usaha minimarket meminta agar produk kinderjoy tidak dijual. 

"Untuk beberapa outlet itu sukarela mereka menarik barang produk itu. Tapi sebenarnya dari BPOM itu kan memang tidak ada di daftar, jadi teman-teman Loka POM melakukan pengawasan dan menurunkannya dari toko," kata Sumiyati Haslinda, Kepala Loka POM Balikpapan saat dihubungi pada Selasa (12/4).


Sumiyati berharap pelaku usaha minimarket menurunkan produk kinderjoy tersebut. Ia mengatakan pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan terhadap produk tersebut, namun masih menunggu arahan selanjutnya dari BPOM pusat. 

"Untuk sementara kami pengamanan produk tersebut sambil menunggu perintah selanjutnya. Sebenarnya itu kan produk luar negeri, di dalam negeri sendiri kami cuma mengamankan dan melakukan pengujian terkait hal tersebut," ungkapnya. 

Pantauan media ini di beberapa outlet mininarket di Balikpapan sudah tidak memajang produk kinderjoy.