Home Balikpapan Penumpang di Bandara SAMS Sepinggan Naik, Per Hari 11 Ribu Orang

Penumpang di Bandara SAMS Sepinggan Naik, Per Hari 11 Ribu Orang

SHARE
Penumpang di Bandara SAMS Sepinggan Naik, Per Hari 11 Ribu Orang

lintaskaltim.com, BALIKPAPAN - Jelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2022, penumpang di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan mulai padat. Peningkatan jumlah penumpang dalam dua hari terakhir ini mencapai 11 ribu orang per hari.

“Sebelumnya itu 8 ribu per hari, nah dua hari terakhir ini mencapai 11 ribu per hari. Jika dibandingkan pada triwulan tahun lalu ada kenaikan 22 persen di tahun ini. Untuk pertumbuhan penumpang mulai naik termasuk pertumbuhan pesawat yang kemarin 90 pergerakan pesawat per hari saat ini sudah mencapai 97 pergerakan pesawat per hari,” kata General Manager Bandara SAMS Sepingga, Rika Dana Kusuma usai pembukaan Posko Angkutan Lebaran pada Senin (25/4/2022).

Puncak arus mudik di Bandara SAMS Sepinggan diprediksi akan terjadi pada tanggal 28 April 2022. Sementara untuk puncak arus balik akan terjadi pada 8 Mei 2022 mendatang. Jumlah penumpang saat puncak arus mudik tersebut diprediksi sebanyak 13 ribu per hari.

Untuk mengantisipasinya, extra flight pun dilakukan hingga 9 pesawat. 

"Iya, ada sebanyak sembilan extra flight. Dan yang paling banyak itu tujuan ke Jakarta, Surabaya dan Makassar," tuturnya.

Sementara itu, dibukanya Posko Angkutan Lebaran di Bandara SAMS Sepinggan ini bertujuan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Termasuk penanganan arus mudik dan arus balik dengan menempatkan personel TNI-Polri dan instansi terkait.

“Kami pasti selalu siap, mau kondisi itu meningkat atau tidak, mau itu pandemi atau tidak kami tetap waspada. Posko ini juga supaya bisa berkoordinasi dengan baik antar instansi," tandasnya.