Home Balikpapan Pertamina Raih 2 Penghargaan dari Gubernur Kalimantan Timur

Pertamina Raih 2 Penghargaan dari Gubernur Kalimantan Timur

SHARE
Pertamina Raih 2 Penghargaan dari Gubernur Kalimantan Timur

lintaskaltim.com, BALIKPAPAN - Terkait pengelolaan Keselamatan Kerja dan Pencegahan & Penanggulangan HIV & AIDS di lingkungan kerja, Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan meraih 2 penghargaan. Penghargaan yang diterima yaitu Penghargaan Kecelakaan Nihil dan Penghargaan Program Pencegahan & Penanggulangan HIV & AIDS di Tempat Kerja. Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor kepada GM KPI Unit Balikpapan Wahyu Sulistyo Wibowo. (Kamis, 31/03).

Penghargaan kecelakaan nihil adalah tanda penghargaan keselamatan dan kesehatan kerja yang diberikan pemerintah kepada manajemen perusahaan yang telah berhasil dalam melaksanakan program keselamatan dan kesehatan kerja sehingga mencapai nihil kecelakaan kerja pada jangka waktu tertentu.

"Pengelolaan kilang minyak tentunya memerlukan penerapan standar Keselamatan Kerja yang tinggi. Penghargaan ini kami harapkan dapat menjadi semangat untuk terus memastikan aspek HSSE menjadi budaya dan diterapkan dalam setiap aspek operasional perusahaan," kata Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin.

Penghargaan Kecelakaan Nihil yang diterima KPI Unit Balipapan ini berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. PER-01/MEN/2017 untuk periode 26 September 2018 sampai dengan 31 Agustus 2021 dengan waktu 17.739.831 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja.

"Jumlah jam kerja selamat sampai dengan periode Februari 2022 sendiri telah mencapai 21,4 juta jam kerja selamat," kata Chandra.

Penerapan HSSE Golden Rules di Pertamina menurutnya merupakan salah satu upaya untuk memastikan semua pihak terlibat secara aktif. "Dimulai dari dari sendiri yaitu Patuh, kemudian kita harus Peduli pada orang dan lingkungan di sekitar kita. Terakhir kita harus berani melakukan intervensi," kata Chandra.

Sementara untuk penghargaan Program Pencegahan HIV & AIDS di Tempat Kerja berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Trasmigrasi No. KEP-68/MEN/VI/2004, KPI Unit Balikpapan mendapatkan kategori Platinum.

"Semoga penghargaan zero accident ini menjadi pelecut semangat Pertamina untuk terus mengimplementasikan budaya keselamatan kerja di operasional kilang," tutupnya.