Home Kriminal Pura-Pura Kunci Hilang, Pemuda di Balikpapan Bawa Kabur Mobil Rental ke Banjarmasin

Pura-Pura Kunci Hilang, Pemuda di Balikpapan Bawa Kabur Mobil Rental ke Banjarmasin

SHARE
Pura-Pura Kunci Hilang, Pemuda di Balikpapan Bawa Kabur Mobil Rental ke Banjarmasin

lintaskaltim.com, BALIKPAPAN - H Jaharuddin nyaris kehilangan mobil Toyota Avanzanya. Mobil Jaharuddin itu dibawa kabur oleh seorang penyewa berinisial RDS (24). 

 

Bermula saat pelaku menyewa mobil milik Jaharuddin yang disewa pelaku pada akhir Maret 2022 lalu. Namun saat menyewa, pelaku beralasan kunci kontak mobil tersebut hilang. Jaharuddin yang mengetahui hal itu langsung memberikan kunci cadangan kepada pelaku.

 

"Jadi RDS ini nyewa mobil kepada korban, tapi pas masa sewanya selesai dia membohongi korban dengan berpura-pura kunci kontaknya hilang. Lalu korban mengganti dengan kunci cadangan," kata Kasat Reskrim Polresta Balikpapan Kompol Rengga Puspo Saputro saat press rilis di Mako Polresta Balikpapan, Selasa (12/4).

 

Apesnya, satu minggu setelah itu, tepatnya pada Rabu (30/3) sekira pukul 09.00 Wita, pelaku kembali ke rumah korban di kawasan Puskib RT 24, Kelurahan Mekar Sari dengan membawa kunci yang sebelumnya dia katakan hilang.

Saat itu Jaharuddin sedang tidak ada dirumah, pelaku langsung beraksi menggunakan kunci kontak yang ia miliki. Mobil pun berhasil dibawa kabur pelaku.

 

"Pelaku berhasil membawa kabur mobil hingga berada di Kawasan Banjarmasin, Kalimantan Selatan," tuturnya.

 

Mengetahui mobilnya hilang, Jaharuddin langsung melapor ke Polresta Balikpapan. Petugas Satreskrim Polresta Balikpapan pun langsung melakukan penyelidikan pelaku. Alhasil pelaku berhasil mengamankan pelaku pada 7 April 2022 di Banjarmasin beserta mobil yang ia bawa.

 

"Korban mengalami kerugian sekitar Rp150 juta. Pelaku berhasil ditangkap di Banjarmasin dan sudah dibawa ke Polresta Balikpapan untuk proses hukum lebih lanjut," ujarnya.

 

Akibat perbuatannya, pemuda tersebut disangkakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan tujuh tahun penjara.