Home Kaltim Siagakan 550 Prajurit TNI di Perbatasan, Antisipasi Ancaman Wilayah Kalimantan

Siagakan 550 Prajurit TNI di Perbatasan, Antisipasi Ancaman Wilayah Kalimantan

SHARE
Siagakan 550 Prajurit TNI di Perbatasan, Antisipasi Ancaman Wilayah Kalimantan

lintaskaltim.com, SEPAKU - Dalam mengantisipasi bahaya kejahatan yang mencancam di Kalimantan, Kodam VI Mulawarman mengemban tugas dalam meneggakkan kedaulatan negara sekaligus pengamanan wilayah perbatasan darat dengan Malaysia yang panjangnya sekitar 1.038 kilometer.

Untuk mewujudkan keamanan di Kalimantan, Kodam VI Mulawarman menyiagakan 550 prajurit TNi yang berjaga di 29 Pos Pengamanan Perbatasan (Pamtas). Para prajurit itu yang nantinya akan menindak dan mengantisipasi kejahatan apapun yang masuk ke wilayah Kalimantan.

"Tugas mereka adalah meyakinkan perbatasan antara kita (Indonesia) dengan Malaysia itu aman, dan patok-patok tidak bergeser. Kemudian tidak terjadi human trafficking dan tidak terjadi ilegal-ilegal trading," tegas Pangdam VI Mulawarman, Mayjen Teguh Pujo Rumeksi di lokasi IKN pada Selasa sore (6/4).

Hal ini terbukti dengan tindakan prajurit di perbatasan yang berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba seberat 2 kg, 4 kg, sampai dengan 8 kg. Pangdam VI Mulawarman menegaskan bahwa hal ini merupakan instruksi dari KASAD untuk terus hadir ditengah masyarakat agar menciptakan rasa aman.

"Kami harus melakukan suatu tindakan-tindakan yang memberikan dampak terhadap kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Pangdam VI Mulawarman juga meminta masyarakat melaporkan setiap kejadian atau informasi yang dapat mengancam kedaulatan negara maupun IKN. Pihaknya akan tegas menindaklanjuti hal tersebut untuk menciptakan rasa aman di Kalimantan.

"Siapapun itu, silahkan laporkan ke kami. Bisa ke Kapendam, Asintel, mau ke saya langsung juga monggo. Yang jelas kami akan menindaklanjuti laporan tersebut yang mengancam wilayah," tegasnya.