Home Peristiwa Tarakan Diguncang Gempa 3,4 Magnitudo, Getarannya Seperti Truk Lewat

Tarakan Diguncang Gempa 3,4 Magnitudo, Getarannya Seperti Truk Lewat

SHARE
Tarakan Diguncang Gempa 3,4 Magnitudo, Getarannya Seperti Truk Lewat

lintaskaltim.com, TARAKAN - Warga Tarakan, Kalimantan Utara mendadak panik. Sebab gempa bumi berkekuatan 3,4 magnitudo terjadi sekira pukul 16.40 wita. Gempa tersebut dipicu oleh aktivitas sesar aktif.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa episenter gempa tersebut terletak pada koordinat 3.36 LU dan 117.6 BT atau tepatnya berlokasi 8 KM dari Tarakan pada kedalaman 10 km. Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas sesar lokal," kata Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya dalam laporan tertulisnya pada Kamis (7/4).

Gempa tersebut dirasakan di Tarakan dengan intensitas MMI III atau seperti truk melintas. Getarannya pun cukup terasa dari dalam rumah.

"Belum ada laporan dari masyarakat terkait dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa tersebut," ujarnya.

Dari hasil monitoring BMKG, belum menunjukkan adanya tanda-tanda gempa susulan. Meski begitu, BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak berpengaruh akan adanya gempa susulan.

"Kami imbau kepada masyarakat wilayah Tarakan dan sekitarnya agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG," pungkasnya.