Home Ekonomi Transaksi Meningkat Saat Ramadan dan Idul Fitri, BI Balikpapan Siapkan Rp3,1 M Uang kartal

Transaksi Meningkat Saat Ramadan dan Idul Fitri, BI Balikpapan Siapkan Rp3,1 M Uang kartal

SHARE
Transaksi Meningkat Saat Ramadan dan Idul Fitri, BI Balikpapan Siapkan Rp3,1 M Uang kartal

lintaskaltim.com, BALIKPAPAN - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, kebutuhan masyarakat dalam transaksi maupun penukaran uang diprediksi meningkat. Bank Indonesia (BI) Balikpapan memprediksi kebutuhan ramadan untuk wilayah Balikpapan, Penajam Paser Utara dan Paser sebesar Rp1,6 Triliun.

Dalam mengantisipasi meningkatnya transaksi, BI Balikpapan menyiapkan uang kartal sebesar Rp 3,1 miliar atau 196 persen dari kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Idul Fitri 2022. Uang kartal yang disiapkan tahun ini meningkat 43 persen dibanding tahun sebelumnya. 

"Aktivitas masyarakat saat Ramadhan dan Idul Fitri diperkirakan meningkat, sehingga membutuhkan peningkatan layanan sistem pembayaran tunai dan nontunai," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Balikpapan R Bambang Setyo Pambudi saat diskusi bersama awak media di Kantor BI Balikpapan pada Kamis (21/4).

BI juga menyiapkan layanan penukaran uang dengan dua pilihan. Yakni melalui perbankan dan mobil kas keliling BI di beberapa titik. Sebab biasanya menjelang Idul Fitri masyarakat berbondong-bondong ingin menukarkan uang.

"Untuk penukaran di perbankan dibuka sejak tanggal 4 April sampai 28 April nanti. Bukanya saat hari kerja dan jam operasional menyesuaikan masing-masing perbankan. Kalau untuk kas keliling Bank Indonesia itu tanggal 19 April dan 21 April di Bazar Ramadan Pasar Segar," jelasnya.

Agar antrian tidak membludak sehingga terjadi kerumunan di titik mobil kas keliling, BI meminta masyarakat melakukan pemesanan dan nomor antrian di aplikasi PINTAR mulai H-7 hingga H-1 Lebaran.

"Harus melalui aplikasi Pintar dulu, biar tidak terjadi kerumunan. Karena ini pasti banyak yang mau nukar," pungkasnya.