Akibat Pergeseran Tanah, IPAM Kampung Damai Stop Produksi

Akibat Pergeseran Tanah, IPAM Kampung Damai Stop Produksi

LINTASKALTIM, Balikpapan-- Pelanggan PDAM melalui IPAM Kampung Damai dihimbau untuk mulai tampung air.

Terjadi kebocoran pipa transmisi 600mm steel akibat adanya pergeseran tanah di jalur pipa transmisi dari Km 12 sampai IPAM Kampung Damai sepanjang 14 km. Pihak PDAM dalam hal ini bagian Customer Service PDAM Kota Balikpapan sudah mengonfirmasi hal ini dan akan segera melakukan kegiatan perbaikan secepatnya.

"Sebab saat ini terjadi penurunan kapasitas produksi sekitar 25m3/jam yang mempengaruhi distribusi air ke pelanggan PDAM yang teraliri IPAM Kampung Damai," ujar Suryo Hadi Prabowo--Humas PDAM Kota Balikpapan melalui rilisnya pada Kamis (18/10/2018).

Dari Analisa proses perbaikan, kata Suryo, Tim Tanggap Darurat dari Bagian Sumber Air Baku langsung menelusuri Jalur Pipa Transmisi Air Baku sepanjang 14 kilometer, dan telah ditemukan Kebocoran lagi Pipa Transmisi Air Baku diameter 600 mm Steel di Lokasi Hutan Transad KM.8, belakang pesantren Mardhatillah, yaitu Jalur Pipa Air Baku yang mengirimkan Air Waduk Manggar menuju ke Instalasi IPAM Kampung Damai.

"Dari kebocoran tersebut Tim PDAM Kota Balikpapan akan melakukan perbaikan yang direncanakan pada Hari Selasa, 23 Oktober 2018, Jam 09.00 Wita sampai dengan Selesai (Target Pekerjaan perbaikan 1 x 24 Jam, Lebih Cepat Lebih Baik)," ujar Suryo.

Akibat perbaikan, 45% Pelayanan Distribusi Air Bersih Bakal Terganggu, yaitu jalur distribusi air yang berasal dari IPAM Kampung Damai, memang dalam beberapa hari pelanggan yang zona Distribusi nya dari IPAM Kampung Damai mengalami penurunan kuantitas debit air yang cukup dratis, pengaruhnya kepada Pelanggan yang tinggal didaerah atas dan daerah jauh dari IPAM Kampung Damai, apalagi zona Wilayah distribusi dari IPAM ini, sebagian wilayahnya berkontur lembah dan perbukitan.

Kata Suryo, PDAM memahami imbas dari ini semua, yang mana dalam beberapa hari ini pelanggan yang dialiri dari IPAM mengalami dampaknya, yang biasa jam Pelayanan 24 Jam, turun kisaran 12 Jam hingga 6 Jam pelayanan Distribusi Air ke Pelanggan, seperti Perumnas Atas mengalami tekanan distribusi air yang cukup kecil, mengingat Jalur Distribusinya berasal dari IPAM Kampung Damai, termasuk daerah pelanggan lainnya seperti Karang Rejo, Somber yang sudah terkena imbasnya kurang lebih 4 hingga 3 hari ini, makanya dengan kegiatan perbaikan pada Rabu nanti, PDAM mengupayakan pelayanan aliran Distribusi air menjadi normal, minimal bisa terus continue dalam alirannya ke Pelanggan, memang tidak bisa dipungkiri.

"PDAM selalu menghimbau kepada pelanggan untuk selalu menampung cadangan air dan bijaksanalah dalam menggunakannya," ujarnya.

“Direksi PDAM Kota Balikpapan menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya atas ketidak nyamanan ini, terutama kepada pelanggan yang daerahnya lebih dahulu mengalami tekanan distribusi yang kecil bahkan Tidak mengalir lebih dahulu," tambahnya.

Produksi IPAM KAMP. DAMAI : Balikpapan Selatan, Balikpapan Kota, Sebagian Balikpapan Tengah dan Balikpapan Barat : Simp.Tiga Kp.Damai, Komp.Bank Duta, Perum Pos & Giro, Komp.BDS, Komp.BDI, Komp.PLN Pikitring Ring-Road, Gg.Mex, Gg.Teratai, Gg.PLN, Gg.Sampurna, Gg.Orienz, Simpang Tiga Jl.Mt.Haryono, Stalkuda, Gn.Bakaran, Sepinggan s/d Mulawarman (PJHI) Batakan, Bpp.Permai, Ps.Baru, Markoni, Klandasan,Pelayaran, Prapatan, Jl.Melati, Telogorejo, Bhayangkara, Cendrawasih, Dondang, Gn.Malang, Belakang Toko Utama, Gn.Malang Radar, Auri, Marbo, Siaga, Markoni Auto 2000, Gn.Guntur, Gn.Rambutan, Gn.Kawi, Kr.Rejo, Kp.Damai (Al’Makmur), Komp.Telkom, Terminal Tangki PDAM, Gg.Agung Tunggal, Komp.Bpp.Baru, Muara Rapak, Kr.Anyar, Pdn.Sari, Pdn.Wangi, Kebun Sayur, Semoi, Kp.Baru Tengah, 21 Januari, Sepaku dan sekitarya, seluruh aliran Distribusi air dari IPAM KP.Damai. (HUMAS PDAM/ Ken)

Dipost Oleh admin 2

Post Terkait

Tinggalkan Komentar