Home Kaltim Kodam VI/MLW Bangun 500 Rumah Layak Huni Untuk Warga Miskin

Kodam VI/MLW Bangun 500 Rumah Layak Huni Untuk Warga Miskin

SHARE
Kodam VI/MLW Bangun 500 Rumah Layak Huni Untuk Warga Miskin

lintaskaltim.com, BALIKPAPAN -  Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bekerjasama dengan Kodam VI/MLW membangun sebanyak 500 rumah layak huni bagi keluarga miskin.

"Program ini merupakan program prioritas dari Gubernur Kaltim, yang telah ditetapkan dalam RPJMD Provinsi Kalimantan Timur untuk periode 2019-2023," kata Lisa Hasliana, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Kaltim dalam kegiatan peletakan batu pertama program rumah layak huni di Kelurahan Lamaru, Balikpapan, Senin (25/7).

Menurutnya, program ini dicanangkan untuk menanggapi banyaknya rumah masyarakat yang masih dinilai tidak sehat dan bersih.
Untuk tahap awal, program ini dilakukan di Kota Balikpapan, Samarinda dan Bontang, dan nantinya akan dilanjutkan di tujuh kabupaten kota yang ada di Provinsi Kalimantan Timur. Tahap awal ini pembangunan dibangun sebanyak 50 unit. 

Panglima Kodam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo menerangkan bahwa program pembangunan rumah layak huni ini dilakukan mendukung Pemerintah Pusat yang telah mencanangkan pembangunan program satu juta rumah, yang kemudian ditindaklanjuti oleh Gubernur Kaltim.

Pelaksanaan program ini dilakukan untuk mengatasi masalah kekurangan khususnya bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah. Sehingga program ini diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat berpenghasilan rendah dalam memiliki rumah terutama di tengah situasi pandemi Covid-19.

"Peletakan batu pertama ini merupakan langkah awal yang dilaksanakan oleh pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bekerjasama dengan Kodam Vi/ Mulawarman serta didukung beberapa perusahaan yang ada di wilayah Kalimantan Timur untuk membangun sebanyak 500 unit rumah layak huni," terangnya.

Selanjutnya untuk menyukseskan program tersebut, pihaknya akan melibatkan Korem dan Kodim setempat dalam melanjutkan tahap pembuatan di daerah. (drh)