Home Balikpapan Konser Hingga Liga 2 Wajib Urus Surat Izin ke Satgas Covid Pusat, ini Syaratnya

Konser Hingga Liga 2 Wajib Urus Surat Izin ke Satgas Covid Pusat, ini Syaratnya

SHARE
Konser Hingga Liga 2 Wajib Urus Surat Izin ke Satgas Covid Pusat, ini Syaratnya

lintaskaltim.com, BALIKPAPAN – Kota Balikpapan masih berstatus PPKM level 1 dan diperpanjang hingga tanggal 5 September nanti. Tentu kabar ini juga dipertanyakan masyarakat terkait kebijakan yang diberlukan oleh Satgas Covid-19 Kota Balikpapan. Seperti contoh kegiatan konser yang rencananya akan digelar di bulan Agustus ini.

Kepala Bidang Pengamanan dan Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Kota Balikpapan, Zulkifli mengatakan bahwa untuk kegiatan konser harus mendapatkan surat rekomendasi dari Satgas Pusat. Hal ini dikarenakan kegiatan konser masuk dalam kategori kegiatan berskala besar yang akan menarik pengunjung diatas 1.000 orang.

“Konser masuk dalam kegiatan berskala besar. Sesuai dengan SE Satgas Pusat Nomor 20 Tahun 2022 itu kegiatan berskala besar yang menghadirkan diatas 1.000 peserta keatas itu wajib mendapatkan rekomendasi dari Satgas Pusat,” ujarnya.

Selain itu penyelenggara juga wajib mengantongi izin keramaian dari kepolisian. Sehingga penyelenggara harus mengurus izin keramaian tersebut setelah mendapatkan surat rekomendasi dari Satgas Covid-19.

“Lalu wajib mendapatkan izin keramaian dari Polri. Nanti mereka lapor dulu ke Polres, mereka yang akan mengarahkan apakah cukup di Polres aja atau harus ke pusat,” tuturnya.

Selanjutnya pihak penyelenggara juga harus memastikan seluruh peserta atau penonton yang hadir telah melakukan vaksinasi booster atau vaksin dosis ketiga. Pihaknya juga menyarankan untuk berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk menempatkan gerai booster di lokasi konser.

“Kemudian yang ketiga wajib booster seluruh peserta yang hadir. Nanti booster ini Dinas Kesehatan itu memfasilitasi mereka bisa bekerjasama untuk menggelar gerai booster di tempat acara. Kalau tidak booster ya persyaratan lainnya yakni wajib dengan antigen,” ungkapnya.

Jika seluruh persyaratan tersebut dilengkapi, kegiatan konser diperbolehkan menampung penonton dengan kapasitas maksimal 100 persen. Sebut saja konser yang akan digelar di Stadion Batakan pada tanggal 27 Agustus ini yakni “Sound Session” yang menghadirkan sejumlah artis seperti Noah, Bunga Citra Lestari, The Changcuter, Weird Genius, dan Guyon Waton feat Bella Nova.

“Mereka (penyelenggara Sound Session) sudah ada komunikasi lisan kemarin. Saya arahkan juga sudah. Dan kami tertulis nanti akan memberikan arahan lagi untuk mengurus izinnya ke Satgas Nasional,” pungkasnya.

Tidak hanya konser saja, kegiatan sepak bola seperti Liga 2 Indonesia yang rencananya akan digelar dalam waktu dekat ini juga wajib mengantongi persyaratan yang telah disebutkan. Sehingga penyelenggara disarankan untuk segera mengurus perizinan tersebut agar dapat menggelar kegiatannya dengan lancar dan aman.

“Untuk Liga 2 juga tetap izin pusat juga. Kita Panitia HUT RI saja minta ke Satgas Pusat juga. Yang penting syarat izinnya dilengkapi yang tadi itu,” tandasnya.