Home Balikpapan Mahasiswa Uniba Minta DPRD Balikpapan Sampaikan Tuntutan ke DPR RI

Mahasiswa Uniba Minta DPRD Balikpapan Sampaikan Tuntutan ke DPR RI

SHARE
Mahasiswa Uniba Minta DPRD Balikpapan Sampaikan Tuntutan ke DPR RI

lintaskaltim.com, BALIKPAPAN - Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Balikpapan (Uniba) melakukan aksi demo di kantor DPRD kota Balikpapan, Kamis (4/8/2022).  Menuntut Pemerintah untuk Revisi draft Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) telah menuai polemik sejak 2019.

Mulai dari pasal yang mengancam kebebasan berserikat dan berpendapat, hingga pasal yang secara substansi masih berbau kolonialisme memenuhi draft tersebut. Beberapa pasal berpolemik itu antara lain pasal 218 ayat 1 & 2, pasal 241, serta pasal 351 yang berisi tentang menjaga kehormatan terhadap lembaga negara, dimana memiliki indikasi kriminalisasi dan pengebirian demokrasi.

Dampak terbesarnya jika pasal - pasal tersebut tidak direvisi, maka tidak menutup kemungkinan segala bentuk kritik terhadap kinerja pemerintah dan lembaga negara terkait dapat disangkakan sebagai upaya menyerang martabat kehormatan institusi negara.

Usai menemui mahasiswa Uniba, Anggota Komisi I DPRD Simon Sulean menjelaskan, tujuan mereka datang ke DPRD ini untuk menyampaikan aspirasi berkaitan dengan revisi undang-undang hukum pidana. Yang mana adik-adik mahasiswa menuntut agar revisi undang-undang hukum pidana bisa ditinjau kembali.

"Jangan tergesa-gesa disahkan, karena menurut adik-adik mahasiswa itu tidak relevan dengan demokrasi yang kita sudah jalankan di Republik ini," ucap Simon saat ditemui awak media, Kamis Sore.

Pandangan mahasiswa itu seakan-akan ada otoriter jika diterapkan. Dan ada beberapa pasal yang menurut mereka tidak aspiratif, dan mereka menuntut melalui DPRD kota Balikpapan untuk disampaikan kepada DPR RI dalam waktu 7×24 jam.

"Oleh karena itu, kami dari lembaga DPRD Balikpapan siap menyampaikan aspirasi adik-adik ini," akunya. (msa)