Home Kukar UMKM di Kukar Raup Untung, Perputaran Uang Millennial Hijrah Festival Tembus Rp150 Juta

UMKM di Kukar Raup Untung, Perputaran Uang Millennial Hijrah Festival Tembus Rp150 Juta

SHARE
UMKM di Kukar Raup Untung, Perputaran Uang Millennial Hijrah Festival Tembus Rp150 Juta

Lintaskaltim.com, KUKAR - Perputaran uang di gelaran Millennial Hijrah Festival 2023 di Kabupaten Kutai Kartanegara tembus Rp150 juta selama tiga hari.


Kegiatan tersebut diketahui melibatkan 20 tenant pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdiri dari pengusaha kuliner hingga clothing.


Plt Ketua Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) Kukar, Akbar Haka, mengatakan, Millennial Hijrah Festival diinisiasi oleh Kekraf Kukar yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kukar. 


Menurut Akbar, dalam Kekraf Kukar banyak terdiri atas seniman dan kawula muda, yang merasa enggan berprtisipasi bila dihadapkan dengan kegiatan bernuansa religi. 


Namun, ketika benar-benar melihat dan merasakan langsung kehadiran Millennial Hijrah Festival, para pelaku seni di Kukar sangat menikmati kegiatan ini.  


“Dari situ kita tahu bahwa hadir di majelis bagi anak muda adalah hal yang tepat untuk mengenal Islam secara utuh,” ujarnya, Selasa (18/4/2023).


Akbar menilai, jutaan orang akan berbondong-bondong datang ke Kalimantan Timur (Kaltim) karena kepindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 


Tentu saja pemerintah harus membangun infrastruktur, begitu juga dengan Sumber Daya Manusia (SDM). 


Sementara itu Sekretaris Daerah Kukar, Sunggono menyebut Millennial Hijrah Festival telah terselenggara dengan baik.


Sebab, gelaran tersebut mampu menyinergikan seluruh pihak untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di Kukar. 


Sesuai dengan Visi dan Misi Kukar Idaman dalam Program Kukar Kaya Festival (K3F) yang dapat menggerakkan ekonomi kreatif di Kukar dan memberikan dampak positif untuk memajukan bisnis pelaku usaha. 


“UMKM yang berpartisipasi cukup banyak, mudahan tahun depan lebih banyak yang bisa dilibatkan,” pesannya. 


Sunggono berharap, Millennial Hijrah Festival bisa rutin diselenggarakan setiap tahunnya, dengan skala lebih besar lagi. 


“Tiga hari festival ini disuguhi dengan tampilan musik, salat berjemaah, syiar dari para habib dan ustaz untuk menambahkan keimanan kita,” tandasnya. (ADV/Diskominfo/mha)