Jadi Tuan Rumah, 141 Atlet NPC Balikpapan Siap Torehkan Prestasi

Lintaskaltim.com, BALIKPAPAN – Sebanyak 141 atlet National Paralympic Committee (NPC) Kota Balikpapan siap untuk berprestasi dalam ajang Pekan Olahraga Paralimpyc di tingkat Provinsi Kaltim (Kaltim) yang akan berlangsung di Balikpapan.

Mereka akan bertanding mulai 15-20 November 2023, dan 13-15 Cabang Olahraga (Cabor) dengan venue diantara Dome, Tenis Indors Balikpapan, Lapangan Sudirman, Kolam renang Mulawarman, dan Hevindo.

Pelepasan atlet NPC dilakukan Sekda Muhaimin, didampingi Staf Ahli Heria Prisni, Kepala DPOP Balikpapan Ratih Kusuma, Ketua NPCI Kaltim dan NPCI Balikpapan, di Halaman Pemkot Balikpapan, Senin (13/11/2023).

Muhaimin meminta kontingen atlet paralympic Balikpapan untuk tampil dengan penuh semangat untuk mencapai prestasi walaupun dalam kondisi terbatas.

“Jadi jumlah besar harus ditebus dengan prestasi yang besar pula. Jadilah juara tapi tidak menghalalkan segala cara,” terang Muhaimin.

Menurutnya, meski atlet NPC memiliki keterbatasan namun tidak menutup untuk berprestasi, dan mengalahkan yang normal. Tekadnya menjadi yang terbaik di Kaltim tapi dengan cara sportivitas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (DPOP) kota Balikpapan Ratih Kusuma menambahkan untuk atlet paralympic dan kontingen Balikpapan berjumlah 174 atlet.

“Atlet berjumlah 141 atlet dan 31 pelatih. Secara keseluruhan ada 174. Yang nanti diikuti 9 kabupaten kota yang ada di Kaltim,” tuturnya.

Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kaltim Suharyanto mengatakan ada sekitar 913 orang yang akan terlibat dalam gelaran Peparprov 2023 yakni 615 atlet paralympic, 256 wasit, juri dan 200 pelatih. Kegiatan Peparprov Kaltim 2023 juga di dukung panitia sekitar 200 orang.

“Nantinya akan ada 15 Cabor, tapi kita masih menunggu dua cabor. Yakni, bowling dan anggar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa kedepannya Peparprov ini akan menjadi seleksi Peparnas 2024. Nanti ada TC dari masing-masing kabupaten kota. Sehingga dari sini Peparprov betul-betul diambil untuk peparnas tahun depan ke Medan. (drh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *