Soal Calon Wawali, PDI Perjuangan Alihkan Dukungan Ke Risty

Lintaskaltim.com, Balikpapan – PDI Perjuangan berencana akan mengalihkan dukungan untuk Calon Wakil Wali Kota (Wawali) kota Balikpapan kepada Risti Utami Dewi.

Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdullah mengatakan, bahwa informasi tersebut disampaikan oleh PDI Perjuangan dalam surat tembusan yang berisi pengalihan nama calon wawali. Yang mana awalnya mengajukan Budiono dialihkan kepada Risty Utami Dewi.

“Ada informasi yang menarik bahwa saudara Budiono ternyata mengundurkan diri, dan rekomendasinya pindah kepada bu Risty,” kata Abdulloh kepada wartawan, Rabu (11/10/2023).

Menurutnya, karena informasi ini baru disampaikan dalam bentuk tembusan saja dan belum ada permohonan khusus dari PDI Perjuangan kepada Ketua DPRD maupun Panitia Pemilihan (Panlih), maka pihaknya akan tetap melanjutkan proses karena tidak ada dasar.

“Ini baru merupakan surat tembusan saja ke DPP PDI Perjuangan, tapi secara khusus DPP PDI Perjuangan belum mengirim surat bahwa calon dari PDI.P mengundurkan diri atau apa. Jadi kami akan tetap berpegangan pada ketetapan awal sesuai dengan nama yang dikirimkan oleh wali kota, dan dua nama itulah yang kami proses,” terangnya.

Selain itu, untuk menyikapi persoalan ini, pihaknya saat ini sedang berkonsultasi ke Kementerian Dalam Negeri, untuk menanyakan bagaimana kalau dalam proses panitia pemilihan tiba-tiba salah satu calon mengundurkan diri apakah boleh tunggal atau dua nama lagi. Atau dua nama yang sudah diusulkan tersebut tidak boleh mengundurkan diri.

“Harusnya kalau Senin ini tidak ada masalah dari PDIP, kami sudah bisa running untuk proses pemilihannya,” ujarnya.

Sesuai tahapan seharusnya, lanjut Abdulloh batas terakhir bagi bakal calon untuk melengkapi berkas-berkas yang dipersyaratkan yakni pada Senin, 9 Oktober 2023 lalu. Namun saat ini, pihaknya masih melakukan proses evaluasi karena memang ada beberapa syarat yang belum dilengkapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *