Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemkot dan KPPU Sidak Bahan Pokok di Pasar

Lintaskaltim.com, BALIKPAPAN – Menjelang Natal Dan Tahun Baru (Nataru), KPPU bersama Walikota Balikpapan Dan jajaran Forkopimda, melaksanakan survey ketersediaan bahan pokok di Pasar Sepinggan Balikpapan pada Rabu (13/12/2023).


Kegiatan ini dilaksanakan sebagai langkah antisipatif pemerintah dalam melakukan pengawasan di tingkat hilir. Andriyanto, selaku Kepala KPPU Kanwil V menyampaikan bahan pokok merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang harus dipastikan ketersediaannya khsusunya pada momen-momen Hari besar keagamaan.


Dalam survey yang dilaksanakan tersebut, terpantau harga cabai rawit Dan cabai merah besar diharga Rp. 110 ribu/kg, daging ayam Rp. 27 ribu/kg, bawang merah dan bawang putih Rp. 38 ribu/kg, gula pasir Rp. 18 ribu/kg Dan minyak goreng antara Rp. 15-18 ribu/kg. Kenaikan ini terjadi sejak dari daerah sumber pasokan yang mayoritas dari jawa Dan Sulawesi.


“Pada momen akhir tahun, wajar jika permintaan lebih tinggi dari pasokan sehingga menyebabkan kenaikan harga tetapi KPPU perlu memastikan Tidak adanya intervensi harga yang dilakukan Pelaku Usaha atau spekulan.” Ujar Andri.


KPPU dalam posisi sebagai pemantau harga yang akan dijadikan early warning system terhadap dugaan Persaingan Usaha Tidak Sehat dalam komoditas bahan pokok.

“KPPU mendukung upaya pemerintah dalam memastikan keamanan pasokan Dan akan turun tangan ketika kenaikan harga melebihi batas kewajaran walaupun Tidak menunjukkan adanya anomali kondisi pembentuknya, seperti cuaca, gagal panen, Dan sebagainya.” Jelasnya.

Sementara itu Wali Kota Balikpapan, Rahmad Masud mengatakan pihaknya akan membuat program baru terkait cabai. Yakni nantinya pemkot yang akan menyediakan bahan cabainya, kemudian pedagang menjualnya dengan harga yang sudah ditentukan.

“Kami yang tentukan harganya, jadi mereka tidak boleh menjual lebih tinggi dari harga yang sudah ditentukan. Tapi ini masih dalam tahap kajian,” kata Rahmad.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *