75 Motoris Siap Adu Cepat Balap Perahu Ketinting di Sungai Mahakam Kukar

Lintaskaltim.com, TENGGARONG – Dalam memeriahkan Erau Adat Pelas Benua 2023, Pemkab Kutai Kartanegara menggelar lomba balap ketinting di Perairan Sungai Mahakam pada 29-30 September 2023. Dalam lomba tersebut, sebanyak 75 peserta unjuk skill untuk meraih juara.

Lomba balap ketinting ini terbagi menjadi dua kategori, yakni kelas bebas 500 cc dengan jumlah 38 peserta dan sebanyak 37 peserta bertarung di kelas 7,5 Hp piston.

Para peserta berasal dari beberapa kecamatan di Kukar. Bahkan kabupaten/kota di Kalimantan Timur juga ikut bergabung, di antaranya Kutai Barat, Berau, hingga Malinau Kalimantan Utara (Kaltara).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kukar, Aji Ali Husni mengatakan, olahraga tradisional (Oltrad) kategori tantangan memang memiliki banyak peminat di Kutai Kartanegara.

“Kukar jadi salah satu barometer prestasi di lingkungan penggiat olahraga ketinting. Jika sudah juara di sini (Kukar), itu sudah luar biasa menurut mereka,” kata Ali, belum lama ini.

Kutai Kartanegara memang eksis dalam melaksanakan olahraga masyarakat. Mengingat masih ada masyarakat yang menggunakan transportasi di Sungai Mahakam.

Generasi muda yang tinggal di daerah sungai hingga laut memanfaatkan kondisi itu untuk mengasah kemampuannya dalam mengemudi ketinting. Selain itu, sejumlah daerah juga kerap melaksanakan perlombaan serupa.

“Kami harapkan terus mengasah kemampuan dari mengemudikan dan setiap ada lomba ya diikuti dengan bawa nama Kukar. Kemarin pegiat Kukar berhasil menjuarai di Sulawesi,” tandasnya. (ADV/Diskominfo/Mha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *