Pemkab Kukar Guyur Rp22 Miliar untuk Mesin Pabrik Rumput Laut di Muara Badak

Lintaskaltim.com, TENGGARONG – Sebesar Rp22 miliar dialokasikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) untuk pengadaan mesin rumput laut di Kecamatan Muara Badak.

Saat ini tahapan pengadaan mesin rumput laut tengah berjalan. Diperkirakan pada awal 2024 mendatang pengadaan tersebut akan diproses jika tidak ada kendala. Selanjutnya pabrik rumput laut ini akan segera dioperasikan setelah mesin tersebut didatangkan.

Sebab bangunan pendukung lainnya seperti kantor serta bahan bakunya pun sudah siap. Nantinya bahan baku rumput laut bakal diolah menjadi tepung atau karagenan. Tepung rumput laut bisa dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap untuk membuat sosis, nugget dan makanan olahan lainnya.

“Insya Allah awal Januari tahun 2024 pengadaan mesin pabrik rumput laut,” ucap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar, Arfan Boma, belum lama ini.

Boma menuturkan, pihaknya telah merancang pembangunan sentra Industri Kecil Menengah (IKM) terkait pengolahan rumput laut.

Pembangunan sentra IKM ini sejalan dengan program pemerintah daerah, yakni memperkuat hilirisasi pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ia berharap, pembangunan infrastruktur, seperti jaringan komunikasi kelompok IKM, penampung hasil panen, dan jaringan pasar yang berkaitan dengan pengolahan rumput laut dapat berjalan dengan baik.

“Diharapkan membangun kemitraan dengan pemangku kepentingan atau stakeholder melalui berbagai kegiatan,” harapnya.

Sebagaimana diketahui, Pemkab Kukar telah membangunkan pabrik rumput laut di Muara Badak dan pabrik industri tepung jahe di Desa Jonggon Kecamatan Loa Kulu.

Diharapkan, keberadaan dua pabrik ini dapat menyejahterakan petani di wilayah sekitar, serta mampu meningkatkan ekonomi kerakyatan. (ADV/Diskominfo Kukar/Mha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *