Penyesuaian Jam Kerja ASN di Kukar Selama Ramadan 2024

Lintaskaltim.com, TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah mengatur jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) selama bulan Ramadan 1445 Hijriah/2024. Aturan ini diberlakukan untuk memberikan kesempatan kepada ASN untuk menjalankan ibadah puasa dengan baik, sambil tetap memastikan pelayanan kepada masyarakat terus berjalan lancar.

Surat Edaran Bupati Nomor: P-9/ORG/100.3.4.2/03/2024 yang ditandatangani secara elektronik oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah, memberikan penyesuaian jam kerja bagi ASN selama bulan Ramadan. Meskipun ada pengurangan atau penyesuaian jam kerja, para ASN di lingkungan Pemkab Kukar diharapkan tetap memberikan pelayanan terbaik bagi warga.

“Selama bulan puasa, pelaksanaan apel pagi ditiadakan, sementara pelaksanaan absensi tetap dilaksanakan,” ujar Bupati Edi pada Jumat (15/3/2024).

Menurut aturan yang tertera dalam surat edaran tersebut, jam kerja ASN selama bulan Ramadan 2024 untuk hari Senin-Kamis dimulai dari pukul 08.00-15.00 WITA, sedangkan pada hari Jumat dimulai dari pukul 08.00-15.30 WITA.

Pemerintah daerah yang menjalankan lima atau enam hari kerja selama bulan Ramadan harus memastikan minimal 32,5 jam kerja per minggu tetap terpenuhi. Hal ini bertujuan agar pelayanan pemerintah kepada masyarakat tetap berjalan lancar dan target kinerja dapat tercapai.

Bupati Edi juga menegaskan kepada Pimpinan Perangkat Daerah/Staf Ahli/RSUD/BUMD dan kecamatan untuk memastikan pelaksanaan jam kerja dan pencapaian kinerja organisasi sesuai dengan Surat Edaran tersebut.

“Kami juga mengimbau agar Perangkat Daerah yang menyelenggarakan pelayanan umum atau enam hari kerja dapat menyesuaikan jam kerja di lingkungan kerjanya, sehingga perubahan jam kerja selama Ramadan tidak mengganggu pelayanan kepada masyarakat,” tambahnya.

Dengan adanya pengaturan ini, diharapkan ASN dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan khusyuk, sambil tetap menjaga produktivitas dalam pelayanan kepada masyarakat. (Mha/ADV/Diskominfo Kukar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *