Upaya Pemkab Kukar Jaga Ketentraman, Batasi Penggunaan Speaker di Masjid Selama Ramadan

Lintaskaltim.com, TENGGARONG – Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan tahun 1445 H, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memberlakukan pembatasan penggunaan speaker luar di seluruh masjid. Kebijakan ini diambil untuk menjaga ketentraman dan kenyamanan masyarakat selama menjalankan ibadah puasa.

“Kami mengharapkan agar kegiatan ibadah selama Bulan Suci Ramadhan dapat berlangsung dengan hikmat dan khidmat, tanpa mengganggu ketentraman masyarakat sekitar,” kata Bupati Kukar, Edi Damansyah pada Jumat (15/3/2024).

Dalam surat edaran tersebut, Pemerintah Kabupaten membatasi penggunaan speaker luar di masjid hanya untuk kegiatan tadarus Alquran hingga pukul 22.00 WITA.

“Pelaksanaan Tadarus yang menggunakan pengeras suara luar dibatasi sampai pukul 22.00 WITA. Sedangkan aktivitas tadarus selanjutnya menggunakan pengeras suara dalam,” jelas Bupati Edi Damansyah.

Selain itu, Pemerintah juga memberikan imbauan kepada warga yang melaksanakan sahur keliling untuk memulai membangunkan warga pada pukul 03.00 WITA. Adapun aktivitas masyarakat di sepanjang turapan saat pelaksanaan salat tarawih juga mendapat pembatasan.

“Diharapkan kepada masyarakat muslim selama Bulan Suci Ramadan untuk meningkatkan dan menggalakkan kegiatan ibadah sosial keagamaan sebanyak-banyaknya dan menjaga ketentraman dengan saling menghormati antar pemeluk agama,” tambah Bupati Edi dalam edaran tersebut.

Keputusan ini diambil sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara untuk menciptakan suasana yang kondusif bagi pelaksanaan ibadah puasa dan meningkatkan kebersamaan antar umat beragama dalam masyarakat. (Mha/ADV/Diskominfo Kukar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *