Disdamkarmatan Kukar Siaga Cegah Kebakaran Selama Ramadan

Lintaskaltim.com, TENGGARONG – Dalam rangka mengantisipasi potensi kebakaran selama bulan Ramadan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmatan) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan patroli keliling di Tenggarong.

Dalam patroli tersebut, Disdamkarmatan menggunakan kendaraan roda empat dilengkapi dengan pengeras suara untuk memberikan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati selama bulan puasa.

Kepala Disdamkarmatan Kukar, Fida Hurasani, menjelaskan bahwa musibah kebakaran seringkali disebabkan oleh kelalaian manusia, terutama selama jam-jam krusial seperti sahur, berbuka puasa, dan salat tarawih.

Selama bulan puasa, keteledoran atau human error menjadi faktor utama penyebab kebakaran. Oleh karena itu, Disdamkarmatan Kukar meningkatkan patroli dan sosialisasi untuk mengingatkan masyarakat akan bahaya tersebut.

“Orang harus bangun tengah malam memasak, kemudian berbuka ada euforia untuk makan bersama-sama, lalu ketika memasuki ibadah tarawih ke masjid bisa terlupa memeriksa keadaan rumah, listrik dan kompor,” kata Kepala Disdamkarmatan Kukar, Fida Hurasani, Minggu (17/3/2024).

Patroli dilakukan di kawasan padat penduduk, dengan intensitas yang ditingkatkan selama bulan puasa. Pengeras suara digunakan untuk menyampaikan imbauan kepada masyarakat, sementara patroli di kecamatan lain dijalankan oleh para relawan.

“Tapi selama bulan puasa kita padatkan, selesai tarawih dan setelah sahur. Artinya ada jadwal tambahan untuk imbauan-imbauan dengan audio lewat pengeras suara, berkendaraan keliling,” jelasnya.

Fida juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati di rumah, seperti memastikan api kompor sudah padam dan melepas sambungan kabel yang tidak digunakan.

“Kita melakukan sosialisasi meningkatkan kewaspadaan dan menjaga rasa aman nyaman tenteram di bulan suci Ramadan ini, dalam konteks musibah kebakaran,” tuturnya.

Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan menjaga rasa aman selama bulan suci Ramadan, sehingga dapat mencegah terjadinya musibah kebakaran yang tidak diinginkan. (Mha/ADV/Diskominfo Kukar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *