Pembangunan Jembatan Sebulu Akan Dorong Pertumbuhan Ekonomi, ini Tanggapan Camat

Lintaskaltim.com, KUKAR – Camat Sebulu, Eddy Fachrudin, memperinci manfaat besar yang akan tercapai dengan segera dibangunnya Jembatan Sebulu. Menurutnya, pembangunan jembatan ini akan menghidupkan kembali perekonomian di beberapa kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara dengan memperlancar akses transportasi warga.

Keputusan tersebut didasari oleh informasi bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara berencana memulai pembangunan jembatan di Kecamatan Sebulu. Kepastian ini diterima setelah Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar mengumumkan rencana untuk memulai pembangunan dengan peletakan batu pertama pada tahun 2024.

“Saya yakin, pembangunan jembatan ini akan membuka peluang baru bagi pertumbuhan ekonomi lokal,” kata Eddy pada hari Senin (18/3/2024).

Eddy juga menyatakan bahwa persyaratan penting untuk memulai pembangunan telah terpenuhi, termasuk pembebasan lahan di Desa Sebulu Modern yang akan menjadi lokasi jembatan. Dukungan dari masyarakat setempat juga telah diterima oleh pemerintah.

Sebelumnya, masyarakat telah mengandalkan feri untuk menyeberangi sungai dengan biaya transportasi yang cukup tinggi, yaitu Rp 5 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp 20 ribu untuk kendaraan roda empat. Dengan adanya jembatan, akses transportasi akan menjadi lebih mudah dan terjangkau, yang diyakini akan mengurangi beban ekonomi bagi masyarakat.

Optimisme Eddy terhadap dampak positif pembangunan jembatan juga mencakup potensi pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sebulu karena aktivitas ekonomi akan semakin lancar.

Pemkab Kukar juga telah melakukan analisis tentang manfaat lain dari pembangunan jembatan ini, termasuk melancarkan aktivitas warga dari Kabupaten Kukar, Kutai Timur, dan Kutai Barat. Lokasi strategis jembatan di Desa Sebulu Modern dipilih karena dekat dengan bantaran Sungai Mahakam.

“Efek positif dari pembangunan jembatan ini akan sangat signifikan bagi masyarakat Sebulu dan wilayah sekitarnya,” tambahnya.

Diharapkan, dengan dibangunnya Jembatan Sebulu, akan membawa dampak yang berkelanjutan bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut. (Mha/ADV/Diskominfo Kukar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *