Tambahan Penghasilan Pegawai Pemkab Kukar Terendah se-Kaltim, ini Alasannya

Lintaskaltim.com, TENGGARONG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara, Sunggono, mengungkapkan bahwa Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar adalah yang terendah di antara daerah lain di Kalimantan Timur.

Menurut Sunggono, hal ini terjadi karena jumlah pegawai di Pemkab Kukar yang sangat besar. Dengan total 12.003 pegawai ASN dan 4.239 pegawai non ASN, pembagian TPP menjadi lebih terbagi-bagi.

“Pembagian TPP di sini menjadi tantangan karena jumlah pegawai yang sangat besar,” ujar Sunggono pada Kamis (21/3/2024).

Sunggono menambahkan bahwa penataan pegawai akan dilakukan, baik untuk ASN maupun non ASN. Pegawai ASN yang memiliki kapasitas dan semangat belajar akan diarahkan untuk mengikuti seleksi pegawai IKN yang akan dibuka pada Juni 2024.

Untuk pegawai non ASN, kemungkinan akan diterapkan sistem kerja paruh waktu sebagai upaya penyesuaian dengan kemampuan keuangan daerah. Sunggono menegaskan bahwa penataan ini penting untuk mematuhi amanat Undang-Undang ASN dan memastikan bahwa belanja gaji dan pendapatan pegawai tidak melampaui 30 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Kami akan bekerja untuk menyesuaikan kemampuan keuangan daerah dengan prinsip yang berlaku,” kata Sunggono. (Mha/ADV/Diskominfo Kukar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *