OIKN Promosi Investasi IKN di Eropa Tengah, Lebih Dari 10 Pelaku Usaha Kepincut Dalam Pembangunan IKN

Pembangunan IKN Dianggap Menjanjikan

Lintaskaltim.com, BUDAPEST – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) diwakili Sekretaris IKN, Achmad Jaka Santos Adiwijaya; Direktur Transformasi Hijau, Agus Gunawan; dan Direktur Pembiayaan, Muhammad Naufal Aminuddin melakukan kunjungan kerja ke 3 negara Eropa Tengah, yakni Hungaria, Slovakia, dan Austria untuk melakukan promosi investasi di IKN, pada Sabtu, 23 September 2023 – Rabu, 1 Oktober 2023. Melalui kunjungan ini, Otorita IKN telah mengidentifikasi lebih dari 10 pelaku usaha untuk dapat ditindaklanjuti keinginan partisipasi di IKN.

Kunjungan diawali dengan Sekretaris Otorita IKN bersama 6 delegasi lainnya menghadiri undangan dari Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Hungaria, Dimas Wahab dalam agenda Seminar Peluang Investasi di IKN. Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Jaka, Direktur Agus, dan Direktur Naufal memaparkan gambaran umum Pelaksanaan Persiapan, Pembangunan, Pemindahan dan Penyelenggaraan Pemerintahan (4P) IKN serta konsep smart city dan progres pembangunan IKN dihadapan para pelaku usaha Hungaria.

Para pelaku usaha Hungaria terlihat begitu antusias menyambut peluang investasi di IKN dalam sesi tanya jawab. Lebih dari 43 perusahaan di bidang teknologi perkotaan, energi, limbah, teknologi geospasial, hingga pengelolaan air hadir dalam agenda Seminar Peluang Investasi di IKN tersebut.

Di hari yang sama, turut dilakukan sesi one-on-one¬¬ meeting¬ antara Otorita IKN dengan beberapa perusahaan Hungaria, yakni UTB Envirotec, sebuah perusahaan pengolahan air bersih; KUUBE yang merupakan perusahaan start-up dengan produk mini shelter berkonsep solar powered and smart benches yang dapat ditempatkan pada area terbuka seperti ruang terbuka hijau; dan Kesz Metaltech yang merupakan sebuah perusahaan di bidang pembuatan fasad gedung jenis modular.

Agenda pemaparan peluang investasi juga dilaksanakan di dua kota lainnya, yakni Kota Bratislava di Slovakia yang dihadiri 15 perusahaan di bidang teknologi telekomunikasi (radar dan pertahanan), energi, smart city, dan makanan dan di Kota Wina, Austria. Di Wina, delegasi OIKN berkesempatan mengunjungi kawasan pengembangan Aspern Seestadt, sebuah proyek pengembangan kota modern masa depan yang mengedepankan teknologi berkelanjutan.

Kunjungan kerja di Wina dilanjutkan ke perusahaan wastewater treatment besar di Austria, Aqua Consult untuk membahas langkah partisipasi perusahaan dalam membangun fasilitas IPAL dengan teknologi efisiensi energi dalam pengembangan lanjutan di IKN. Delegasi selanjutnya melakukan pertemuan dengan pelaku usaha bernama EEE Austria, perusahaan yang bergerak di bidang employee training berbasis digital learning yang sudah bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Turut hadir dalam agenda-agenda tersebut di atas, Presiden Hungaria Periode 2012-2022, Janos Ader; Dubes RI untuk Hungaria, Dimas Wahab; Dubes RI untuk Slovakia, Pribadi Sutiono; Dubes RI untuk Austria, Damos Dumoli Agusman; dan Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Hungaria, Daniel Lorincz. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *