Open Race Ketinting Sport Mahakam Panglima Kodam VI Cup 2023, Ratusan Motoris Siap Bersaing

Lintaskaltim.com, TENGGARONG – Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI, Pemkab Kukar bersama Kodam VI Mulawarman menggelar Open Race Ketinting Sport Mahakam Panglima Kodam VI Cup 2023 di Sungai Mahakam, Tenggarong pada Jumat (20/10/2023). Kegiatan tersebut akan diikuti oleh ratusan peserta yang siap bersaing memperebutkan juara.

Lomba ini dihadiri oleh Plt Asisten III Setkab Kukar Dafip Haryanto.

Dafip mengatakan, perahu ketinting merupakan olahraga tradisi budaya masyarakat di Kutai Kartanegara (Kukar). Tidak hanya sebagai olahraga, ketinting juga berfungsi sebagai alat transportasi masyarakat di kawasan perairan.

Ketinting juga sekaligus mempromosikan potensi wisata di Kutai Kartanegara. Dari itulah Pemkab Kukar berkomitmen untuk mendukung pelestarian dan pengembangan sebagai bentuk penghargaan terhadap kearifan lokal.

“Semoga olahraga ini terus berkembang, sebab peminatnya juga banyak dan penontonnya selalu melimpah ruah, sehingga dapat memberikan hiburan kepada masyarakat,” kata Dafip.

Lomba ini juga menjadi ajang pendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Pemkab Kukar akan terus mendukung terselenggaranya kegiatan ini sebagai ajang untuk mempromosikan kearifan lokal,” sambung Dafip.

Dandim 0906/KKR, Letkol Inf Jeffry Satria, menginformasikan adanya beberapa kategori dalam lomba, termasuk kelas 500 cc piston 94 kategori veteran, 230 cc piston 75 kategori umum, 500 cc piston 94 kategori umum dengan dua orang joki depan, dan kelas 500 cc piston 94 kategori umum dengan dua orang joki belakang.

“Kami mengharapkan kegiatan ini terus meningkat, mempromosikan, dan melestarikan olahraga tradisi kita,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar/Mha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *