Jadi Mulus, Jalan Desa Karya Jaya Kukar Tuntas Diperbaiki

Lintaskaltim.com, TENGGARONG – Masyarakat Desa Karya Jaya, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara akhirnya dapat menikmati jalanan mulus tanpa adanya lubang-lubang yang mengganggu. Pasalnya Pemerintah Kabupaten Kukar telah memperbaiki ruas jalan desa itu dengan cor beton.

Kepala Desa (Kades) Karya Jaya, Parijo mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Bupati dan Wakil Bupati Kukar yang telah mendengarkan aspirasi masyarakat. Sebab selama ini jalanan di Desa Karya Jaya itu kondisinya cukup memprihatinkan. Kondisi itu telah dirasakan warga selama bertahun-tahun.

“Alhamdulillah kini jalan desa kami sudah mulus. Tentu saja kami berterima kasih kepada Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati Kukar telah memberikan perhatian maksimal terhadap kebutuhan masyarakat Karya Jaya,” ujar Parijo selaku Kepala Desa (Kades) Karya Jaya, Sabtu (7/10/2023).

Dengan diperbaikinya jalanan tersebut, Parijo menyebut semangat warganya semakin meningkat. Terlebih sebagian besar warganya merupakan petani. Maka perekonomian masyarakat pasti meningkat. Sebab kini mobilisasi warga untuk membawa hasil pertanian maupun kebun ke pasar, semakin mudah.

“Kalau dahulu warga kami kesulitan. Membawa hasil pertanian dan kebunnya ke pasar. Dulu jangankan mobil, motor pun kesusahan lewat di jalan desa. Sekarang kan sudah jalan sudah baik. Jadi kami terus berharap supaya sisa jalan sepanjang 2 Kilometer. Bisa dilanjutkan lagi perbaikannya, dibuat cor beton seperti saat ini,” ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Wabup Kukar Rendi Solihin mengatakan bagian jalan tersisa pun segera dituntaskan. Sehingga semua jalan desa nantinya dibuat mulus.

Apalagi di 2024 pun, Pemkab Kukar terus fokus meningkatkan pembangunan fasilitas umum. Terutama jalan di kawasan pedesaan.

“Memang masih banyak PR kita dalam membangun Kukar. Termasuk dalam upaya membangun maupun memperbaiki badan jalan sampai pedesaan. Sejauh ini diperlukan anggaran mencapai Rp 44 triliun lebih,” terangnya.

“Melihat angka tersebut, tentunya APBD Kukar tidak bisa menangani secara sekaligus. Maka upaya lain pun tetap ditempuh. Agar semua jalan di Kukar bisa mulus,” lanjut Wabup Rendi.

Dalam setiap tahun, katanya lagi, selama ini Pemkab Kukar mengeluarkan anggaran sebesar Rp 2-4 triliun. Khusus untuk menangani perbaikan maupun pembangunan jalan dan jembatan.

Kendati kemampuan APBD Kukar terbilang cukup terbatas. Namun Rendi tetap optimistis pembangunan fasilitas umum, termasuk jalan dan jembatan di Kukar, bisa terus digeber.

“Terutama difokuskan kepada jalanan di kawasan penting. Dalam mendorong dan menopang perekonomian masyarakat,” pungkas Rendi. (ADV/Diskominfo Kukar/Mha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *