Tingkatkan Capaian Penerimaan Beasiswa Kukar Idaman 2024, Pulau Jawa dan Sulawesi jadi Sasaran

Lintaskaltim.com, TENGGARONG – Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setkab Kutai Kartanegara (Kukar) memilih tiga kota strategis di Pulau Jawa dan Sulawesi sebagai target sosialisasi program Beasiswa Kukar Idaman tahun 2024. Sosialisasi ini bertujuan untuk mencakup lebih banyak pelajar dan mahasiswa yang berada di luar daerah asal mereka.

Kabag Kesra Setkab Kukar, Dendy Irwan Fahriza, menjelaskan bahwa Kota Malang, Yogyakarta, dan Makassar dipilih karena memiliki jumlah pelajar dan mahasiswa terbanyak berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan.

“Ini merupakan agenda rutin yang telah kami laksanakan sejak tahun 2023, dan kebetulan kami memiliki asrama pelajar dan mahasiswa di ketiga kota tersebut,” ungkapnya pada Sabtu (16/3/2024).

Menurut Dendy, strategi ini dianggap lebih efektif dalam meningkatkan cakupan penerima Beasiswa Kukar Idaman. Pada tahun 2023, program beasiswa tersebut telah tersalurkan kepada 2.200 orang, mencakup pelajar tingkat SMA/SMK sederajat, mahasiswa, dan santri pondok pesantren. Jumlah ini meningkat dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 1.100 penerima.

“Kami berharap tahun 2024 ini dapat memberikan bantuan kepada lebih banyak penerima dengan pendekatan yang lebih intensif,” tambah Dendy.

Selain melakukan sosialisasi, pihaknya juga memberikan pendampingan bagi calon penerima beasiswa, mulai dari proses pendaftaran hingga pengunggahan dokumen persyaratan ke situs web beasiswa. Mereka diminta untuk menyiapkan baik berkas fisik maupun berkas digital yang diperlukan.

“Kami memfasilitasi calon penerima beasiswa dengan pendampingan langsung mulai dari proses pendaftaran hingga upload berkas, sehingga memudahkan mereka dalam mengakses program ini,” jelasnya.

Bagian Kesejahteraan Rakyat Setkab Kukar telah menganggarkan dana sebesar Rp 40 miliar untuk tahap pertama program Beasiswa Kukar Idaman. Dana tersebut mencakup berbagai jenis beasiswa, mulai dari tingkat pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Program beasiswa ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi kemajuan pendidikan di daerah Kutai Kartanegara. (Mha/ADV/Diskominfo Kukar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *