Planetarium Jagad Raya Tenggarong, Membangkitkan Kembali Pesona Antariksa Melalui Layar Perak

Lintaskaltim.com, TENGGARONG – Planetarium Jagad Raya di Kota Raja Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), kini telah kembali beroperasi setelah vakum selama empat tahun. Wahana pendidikan langit ini, yang dibuka kembali untuk umum pada 1 Januari 2024, kini menarik minat pengunjung dari berbagai kalangan.

Kepala Bidang Pengelolaan Objek dan Sarana Kepariwisataan Dispar Kukar, M Ridha Fitrianta, menyatakan bahwa keberadaan planetarium memiliki nilai edukasi yang sangat penting, terutama dalam menumbuhkan minat masyarakat terhadap ilmu pengetahuan tentang alam semesta.

“Planetarium adalah aset langka di Kalimantan, bahkan di Indonesia. Kami berharap untuk terus meningkatkan kunjungan dan memperluas layanan edukatif di sini,” ujar Ridha.

Salah satu target utama adalah menghidupkan kembali penayangan film-film antariksa di dalam planetarium. Selain itu, pihaknya juga berencana untuk mengembangkan penggunaan teropong bintang, yang sudah tersedia namun masih memerlukan tempat yang sesuai untuk penempatannya.

“Kami akan menghidupkan kembali planetarium sebagai tahap awal. Pengembangan teropong bintang akan menjadi prioritas berikutnya. Semua ini akan dilakukan seiring dengan perencanaan yang berkelanjutan,” jelasnya.

Operator Planetarium Jagad Raya, Wedy Handoko, menambahkan bahwa antusiasme masyarakat terhadap planetarium sangat tinggi, didorong oleh keingintahuan akan ilmu pengetahuan tentang alam semesta.

“Mayoritas pengunjung berasal dari Tenggarong, Balikpapan, Penajam Paser Utara (PPU), dan Samarinda. Kami telah melakukan promosi melalui media sosial untuk menarik minat pengunjung,” tambah Wedy.

Planetarium Jagad Raya Tenggarong buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WITA, dengan harga tiket sebesar Rp15 ribu untuk dewasa dan Rp10 ribu untuk anak-anak. Dengan proyektor baru dari Amerika Serikat, pengunjung dapat menikmati pengalaman yang lebih memikat melalui penayangan film-film yang mendebarkan tentang keindahan dan misteri alam semesta. (Mha/ADV/Diskominfo Kukar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *