DP3A Kukar Dorong Anggaran Berbasis Gender

Lintaskaltim.com, KUKAR – Dinas Pemberdayaan, Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar rapat koordinasi Pengarusutamaan Gender (PUG) di Hotel Ibiz, Samarinda, Selasa (14/11/2023).

Rapat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan komitmen terkait PUG dalam sistem penganggaran dan pembangunan.

Kepala DP3A Kukar, Bambang Arwanto, mengatakan bahwa PUG merupakan strategi untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender dalam semua aspek kehidupan.

“Target kita itu sebenarnya bagaimana supaya PUG itu juga diimplementasikan dalam sistem penganggaran, jadi semua anggaran kita itu berbasis gender,” ujar Bambang.

Menurut Bambang, anggaran berbasis gender berarti mempertimbangkan manfaat dan dampak pembangunan bagi perempuan dan laki-laki secara adil.

“Kita bisa memilah dari awal, perempuan itu juga harus kita berdayakan dalam kegiatan pembangunan mulai dari perencanaan, evaluasi, sampai dengan partisipasi mereka,” katanya.

Dirinya menambahkan, PUG juga penting untuk mengubah kultur patriarki yang masih kuat di Indonesia, di mana laki-laki mendominasi di semua aspek.

“Makanya penting untuk kita melakukan ini supaya perempuan bisa punya hak yang sama dengan laki-laki, baik di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, maupun hukum,” tuturnya.

Rapat ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk mewujudkan PUG dalam pembangunan di Kukar. (ADV/DP3A Kukar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *