Pasca Perubahan Nomenklatur, BKPSDM Kukar Tata Ulang Struktur OPD

Lintaskaltim.com, TENGGARONG – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengumumkan restrukturisasi sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setelah terjadi perubahan nomenklatur di tingkat pusat.

Mopfiyanto Ramadhan, Kepala Bidang Mutasi dan Promosi BKPSDM Kukar, mengungkapkan bahwa sekitar 170 pejabat Administrator, Pengawas, dan Fungsional telah ditugaskan di jabatan baru di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pelantikan ratusan pejabat tersebut merujuk pada perubahan nomenklatur perangkat daerah di tataran Eselon III dan IV, seiring dengan implementasi Permendagri 90/2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

Mopfi menegaskan pentingnya penyesuaian perangkat daerah untuk memastikan kelancaran proses penganggaran dan pertanggungjawaban. Dia menekankan bahwa hal ini bukan hanya berlaku di Kukar, tetapi juga di seluruh Indonesia.

“Pelantikan ini melibatkan penyesuaian fungsi dan bidang beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), seperti Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) yang mengalami pengurangan bidang dari lima menjadi empat, menyesuaikan dengan nomenklatur pusat. Hal serupa juga terjadi pada OPD lainnya,” jelas Mopfi.

Dia menambahkan bahwa penyesuaian nomenklatur bidang dalam organisasi merupakan bagian dari upaya untuk menyesuaikan kodefikasi anggaran, yang merujuk pada Permendagri Nomor 90 Tahun 2019.

“Dengan adanya perubahan nomenklatur ini, kami menyesuaikan dengan kebutuhan organisasi dan kebijakan dari kementerian pusat,” tambahnya. (Mha/ADV/Diskominfo Kukar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *